Tetap Aman Khitan Perempuan Dengan Tenaga Medis Berpengalaman

Kita semua tahu jika sunat pada anak laki-laki dilakukan oleh dokter sunat. Lalu, bagaimana dengan sunat perempuan atau khitan perempuan, siapakah yang melakukannya? Apakah khitan perempuan yang benar dilakukan oleh tenaga medis, dukun, atau siapapun bisa melakukannya?

Nah, dalam pembahasan kali ini akan dibahas siapakah yang diizinkan untuk melakukan khitan perempuan.

Apakah Khitan Perempuan Itu?

Khitan perempuan adalah tindakan menorehkan clitoral hood (kulit penutup klitoris).

Pada tahun 2008, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang mengenai khitan perempuan. MUI memperbolehkan tindakan khitan perempuan karena merupakan salah satu bentuk ibadah. Dalam Fatwa MUI Nomor 9A Tahun 2008 tertanggal 7 Mei 2008 yang berbunyi:

  1. Khitan bagi laki-laki maupun perempuan termasuk fitrah (aturan) dan syiar Islam.
  2. Khitan terhadap perempuan adalah makrumah (ibadah yang dianjurkan).

Dalam fatwa MUI tersebut juga menjelaskan batasan dan tata cara sunat perempuan, yaitu:

  • Khitan perempuan cukup hanya menghilangkan selaput yang menutupi klitoris.
  • Khitan perempuan tidak boleh dilakukan secara berlebihan, seperti memotong atau melukai klitoris (insisi dan eksisi) yang mengakibatkan bahaya dan merugikan.

Siapa Yang Bisa Melakukan Khitan Perempuan?

Jika sunat pada laki-laki dilakukan oleh dokter laki-laki, bagaimana dengan khitan perempuan?

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia NOMOR 1636/Menkes/Per/XI/2010 tentang Sunat Perempuan. Khitan perempuan adalah tindakan menggores kulit yang menutupi bagian depan klitoris, tanpa melukai klitoris.

Khitan perempuan hanya dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan tertentu, yakni dokter, bidan, dan perawat yang telah memiliki surat izin praktik atau surat izin kerja. Diutamakan yang melakukan khitan anak perempuan adalah tenaga medis perempuan.

Bagaimana Cara Mengetahui Tenaga Medis Yang Berpengalaman?

Khitan dilakukan dengan menorehkan kulit yang menutupi bagian depan klitoris dengan menggunakan ujung jarum steril sekali pakai dari sisi mukosa (selaput) ke arah kulit, tanpa melukai klitoris. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih tenaga medis yang profesional untuk melakukan tindakan khitan perempuan.

Memilih tenaga medis yang berpengalaman melakukan tindakan khitan perempuan sebenarnya tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui tenaga medis tersebut berpengalaman, yaitu datang secara langsung ke klnik atau dengan cara melakukan pencarian melalui internet.

Tips Memilih Tempat Khitan dan Tenaga Medis Untuk Khitan Perempuan

Sebagai pertimbangan, mungkin hal berikut ini bisa menjadi acuan untuk memilih tempat khitan perempuan dan mengetahui tenaga medis yang dimiliki berpengalaman dapat dilihat dari:

  1. Jumlah pasien yang dikhitan. Biasanya tempat khitan yang telah berpengalaman dan profesional sudah berhasil menangani banyak pasien.
  2. Tanya ke keluarga, atau tetangga tempat Anda tinggal. Biasanya tempat sunat yang ‘bagus’ seringkali mendapatkan rekomendasi dari banyak orang karena mereka merasa puas.
  3. Klinik Khusus Khitan. Klinik khususkhitan memang lebih direkomendasikan melakukan tindakan khitan. Khitan di klinik pasti akan ditangani oleh tenaga medis. Khusus khitan perempuan biasanya memiliki tenaga medis perempuan untuk melakukannya.
  4. Melihat review di  Review di sosial media, website dan google my business bisa menjadi pertimbangan. Terlebih lagi jika ketiga channel tersebut aktif, tandanya klinik khitan tersebut serius dan profesional.

baca juga: memilih tempat khitan perempuan

Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan klinik khusus khitan yang memiliki layanan khitan perempuan. Telah berdiri sejak tahun 2006 dan telah berpengalaman mengkhitan lebih dari 150 ribu pasien anak dan dewasa.

Khitan perempuan dilakukan hanya untuk anak perempuan usia 0-7 tahun yang ditangani oleh tenaga medis perempuan berpengalaman. Prosedur khitan perempuan di Rumah Sunat dr. Mahdian mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No. 1636/MEN-KES/PER/XI/2010, Pasal 4.

Apabila Anda memiliki rencana untuk melakukan khitan perempuan, silakan hubungi call center kami di 0811 9555 100 .

 

baca juga: dokter sunat terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now