Memilih Tempat Khitan untuk Anak Perempuan

Khitan perempuan bagi sebagian masyarakat Indonesia adalah bagian dari tradisi dan budaya. Dari sisi syariat Islam, khitan perempuan hukumnya adalah sunnah. Namun, sebagian muslim di Indonesia penganut mazhab Syafii, mewajibkan sunat bagi anak laki-laki maupun perempuan.

Khitan perempuan masih menjadi pro dan kontra, sehingga pada 2006 pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mencoba melarang praktik medikalisasi sunat perempuan. Namun, para ulama bereaksi dengan mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa khitan perempuan merupakan bagian dari praktik keagamaan.

Pada 2010, Kementerian Kesehatan Indonesia mengeluarkan peraturan yang mengizinkan petugas medis melakukan sunat pada perempuan. Artinya, hanya petugas medis yang boleh melakukan praktik ini.

baca juga: Fenomena Khitan Perempuan di Indonesia

Pada pada 2014, melalui Peraturan Menteri Kesehatan No.6/2014, pemerintah memberikan mandat kepada Majelis Pertimbangan Kesehatan dan syarat untuk menerbitkan pedoman penyelenggaraan khitan perempuan yang menjamin keselamatan dan kesehatan perempuan yg dikhitan serta tidak melakukan mutilasi alat kelamin perempuan (female genital mutilation)

Pilih Klinik Terpercaya dengan Pengalaman Khitan Perempuan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Population Council Indonesia pada 2001-2002, tentang khitan perempuan, dari 2.215 kasus yang dilaporkan, 68% dilakukan oleh dukun bayi dan penyunat tradisional. Sisanya 32% dilakukan oleh tenaga medis, kebanyakan bidan.

Lima belas tahun kemudian, proporsi di atas sudah terbalik. Lebih banyak khitan perempuan dilakukan oleh tenaga medis daripada penyunat tradisional. Data dari Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan petugas medis yang melakukan khitan perempuan lebih dari 53,2% yang dilaporkan. Dari persentase tersebut, 50,9% dilakukan oleh bidan; 2,3% oleh petugas medis lainnya, dan sekitar 46,8% oleh dukun bayi atau penyunat tradisional.

Dari data ini terlihat masih banyak ‘sunat’ perempuan yang dilakukan dukun bayi atau penyunat tradisional. Tindakan ‘sunat’ perempuan yang dilakukan tidak di klinik oleh petugas yang tidak berpengalaman memiliki risiko kesehatan yang tidak ringan. Misalnya,  rasa nyeri  karena goresan atau sayatan yang tidak semestinya, pendarahan, infeksi, bahkan kecacatan dan kematian.

Rumah Sunat dr. Mahdian

Salah satu tempat atau klinik khitan terpercaya dan bisa melakukan khitan perempuan sesuai kaidah medis dan syariat Islam adalah Rumah Sunat dr. Mahdian. Sebelumnya, dikenal dengan nama Rumah Sunatan, ini adalah pusat pelayanan sunat yang memiliki konsep unik dan metode modern.

Rumah Sunat dr. Mahdian menerapkan konsep rumah untuk membuat para pasien nyaman. Sebagai sebuah pusat pelayanan sunat, Rumah Sunat dr. Mahdian melakukan banyak inovasi dalam hal pelayanan demi memberikan yang terbaik kepada pasien.

Khusus untuk khitan perempuan, Rumah Sunat dr. Mahdian adalah klinik yang bisa dipercaya. Rumah Sunat dr. Mahdian sebagai tempat khitan perempuan didukung tenaga medis perempuan yang berpengalaman dan memiliki kompetensi untuk melakukan sunat sesuai kaidah kedokteran. Keselamatan dan kenyamanan pasien selalu didahulukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now