Tanda Kehamilan, Yuk Ketahui Lebih Lanjut!

Tanda  kehamilan awal terkadang suka mengecoh karena  tanda-tandanya mirip dengan menstruasi, seperti payudara terasa membengkak, muncul flek, dan perut terasa kram.  Jika Ibu tidak segera mengetahuinya dengan pasti, khawatir melakukan aktivitas yang berisiko membahayakan kehamilan.  Apalagi dalam masa pandemi sekarang ini. Yuk, simak tanda kehamilan!

1. Terlambat Menstruasi

Terlambat menstruasi merupakan tanda- tanda hamil yang paling umum. Jika biasanya jadwal menstruasi teratur namun, tiba-tiba mengalami keterlambatan lebih dari seminggu maka sebaiknya melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan ini dapat dilakukan dengan alat test pack yang dijual bebas di apotek atau supermarket.

Keterlambatan menstruasi atau jadwal menstruasi yang tidak teratur dapat dialami para perempuan meskipun tidak sedang hamil. Hal ini bisa saja penyebabnya stres, terlalu lelah, atau ada gangguan kondisi kesehatan tertentu. Oleh sebab itu, perlu melakukan tes kehamilan jika memang sudah terlambat menstruasi.

2. Morning Sickness

Morning sickness atau emesis gravidarum adalah rasa mual yang muncul pada wanita hamil terutama di pagi hari biasanya terjadi pada trimester pertama. Penyebabnya karena  perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.

3. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil, terjadi perubahan hormon dalam darah yang menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dan membuat sering buang air kecil.

Semakin besar usia  kehamilan, semakin besar juga ukuran janin sehingga menekan organ-organ dalam tubuh, termasuk kandung kemih. Akibatnya kapasitas kandung kemih menjadi lebih sempit sehingga lebih cepat penuh dan membuat lebih sering ingin buang air kecil. Hal ini bukanlah kondisi yang membahayakan, jadi tak perlu khawatir apalagi sampai mengurangi minum yang dapat berakibat dehidrasi.

4. Mudah Lelah

Mudah merasa lelah saat hamil akibat dari  meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh. Hormon progesteron adalah depresan alami bagi sistem saraf pusat yang menyebabkan ibu mudah merasa mengantuk. Selain itu pada trimester pertama ini tubuh akan bekerja jauh lebih keras memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah agar nutrisi janin terpenuhi. Rasa khawatir juga turut mengambil peran dalam menyerap energi saat hamil. Perbanyak waktu istirahat dan konsumsi makanan bergizi.

5. Rasa Aneh di Mulut

Perubahan hormon saat hamil juga memengaruhi indra perasa dan penciuman. Ibu hamil biasanya akan lebih sensitif bisa tiba-tiba muncul rasa aneh seperti logam yang membuat ibu hamil tidak nafsu makam.

Sesuaikan perubahan selera makan ini dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun lebih sering. Ini penting agar Ibu dan janin dalam kandungan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh sehat.

6. Perubahan pada Payudara

Gejala yang  paling umum adalah perubahan pada payudara. Selain ukuran yang menjadi lebih besar, juga  terasa lebih berat, sakit atau nyeri jika dipegang.

Selain itu, areola atau daerah kecoklatan sekitar puting payudara  akan makin menghitam dan melebar. Perubahan ini akibat meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron, juga sebagai persiapan untuk memproduksi ASI bagi anak nanti.

7. Keram Perut & Bercak Merah Muda

Ibu hamil akan mengalami flek akibat tertanamnya sel telur yang telah dibuahi dalam rahim. Darah di lepas saat telur yang dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim. Flek ini juga di sertai dengan kram perut sehingga kadang disangka menstruasi.  Biasanya terjadi saat minggu ke-3 dan minggu ke-4.

Bagaimana cara membedakannya dengan darah mesntruasi? Flek yang terjadi pada masa awal kehamilan berwarna lebih muda dan lebih sedikit daripada darah menstruasi.

Baca juga: Mitos Hamil Anak Perempuan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now