Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan, Sudah Bisa Apa Aja Ya?

Bayi 8 bulan  tak hanya bisa merangkak tapi juga mulai duduk dan berdiri sendiri dengan bantuan benda disekitarnya dengan cara memegangnya.  Pada usia ini, fisiknya semakin berkembang yang ditandai dengan bertumbuhnya berat badan dan tinggi badan. Pada usia ini,  laki-laki maupun perempuan, memiliki pertumbuhan atau ukuran yang berbeda.

Berdasarkan rekomendasi oleh WHO, berikut adalah ukuran tubuh bayi laki-laki dan perempuan berusia 8 bulan. Pada bayi laki-laki rata-rata memiliki berat badan 8,6 kg dan tinggi badan 70,5 cm. Sementara pada perempuan memiliki berat badan 8kg dan tinggi badan 69cm.  Namun, apabila anak Anda tidak memiliki ukuran tubuh yang sama dengan rekomendasi WHO, tak perlu khawatir. Pada umumnya, ukuran tubuh bayi akan terus bertambah seiring dengan pertambahan usia mereka.

Ada kemungkinan mereka akan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari tinggi maupun berat anak rata-rata usia 8 bulan. Menurut Kemenkes, bertambahnya tinggi dan berat badan anak usia 2-8 bulan rata-ratanya untuk laki-laki sebesar 2.1 kg dan untuk perempuan 2kg.  Anda juga perlu rutin memeriksakan tumbuh kembang anak ke dokter spesialis anak.

Kemampuan Bayi 8 Bulan

Kemampuan Motorik

Setelah sudah menguasai kemampuan merangkak, mereka pada usia ini akan mulai berdiri dan mulai menggerakkan tubuhnya ke depan dan belakang. Gerakan ini akan membantu menguatkan otot-ototnya untuk fondasi mereka berjalan.  Selain itu, mereka mulai menumbuhkan kemampuan baru, seperti:

  • Mengambil benda dan memindahkannya menggunakan tangan, dari tangan satu ke tangan lain.
  • Mulai bisa berguling dari depan ke belakang atau sebaliknya
  • Duduk tanpa bantuan
  • Aktif bermain dengan benda-benda. Pada kondisi ini sebagai orangtua perlu memperhatikan benda yang kemungkinan mereka jadikan mainan
  • Sudah bisa menyantap makanan mereka sendiri. Biasanya mereka akan mengambil lalu menggenggamnya baru menyantapnya

Pada usia ini untuk meningkatkan kemampuan motoriknya, Anda dapat mengajaknya bermain dengan memberikan mereka mainan yang lembut dan bertekstur. Anda perlu menghindarkan mereka dari benda yang berbahaya.

Kemampuan Bicara

Pada usia ini, kemampuan mereka bicara berkembang dari saat mereka berusia bayi 7 bulan. Mereka sudah dapat merespon kata-kata yang seringnya mereka dengar dan mulai mengucapkan sebuah kata yang ditujukan untuk menyebut seseorang, seperti mama dan papa.

Agar dapat meningkatkan kemampuan bicaranya, Anda bisa mengajak mereka berkomunikasi. Mulai dari bercerita kepada mereka, mengajak mereka berbicara, dan mengajarinya berbicara mengenali anggota tubuh atau benda-benda disekitar mereka.

Kemampuan Secara Emosional

Secara emosional, perasaan anak berusia 8 bulan sudah mulai berkembang. Mereka sudah mulai bisa mengekspresikan apa yang sedang mereka rasakan. Saat mereka senang, mereka akan tertawa dan bertepuk tangan atau melambaikan tangan kepada orang yang mereka kenal. Mereka juga akan mulai berempati, seperti misalnya saat mereka melihat ada yang sedang menangis, mereka akan ikut menangis.

Saat mereka bertemu dengan orang yang tidak dikenal, mereka akan merasa malu dan mulai menangis. Hal ini juga dapat disebabkan karena pengelihatannya hampir setara dengan kemampuan pengelihatan orang dewasa sehingga mereka bisa mengenali wajah orang dari jarak jauh.

Hal Yang Harus Diperhatikan Orangtua

Pada usia-usia anak sedang berlatih berdiri dari merangkak, mereka akan sering jatuh. Untuk melindunginya, Anda dapat menghindarkan mereka dari benda-benda yang sekiranya berbahaya, seperti benda tajam dan colokan listrik. Selain itu, Anda juga dapat memberikan perlindungan pada lantai dengan memberikan karpet busa, memberikan pelindung pada bagian ujung meja dan kursi yang lancip.

Apabila bayi 8 bulan Anda belum bisa merangkak, jangan panik terlebih dahulu, Anda bisa merangsangnya dengan menggerakkan anggota tubuhnya, seperti tangan dan kakinya secara bersamaan secara terarah.  Namun, jika sudah dilakukan anak tak merespon atau tidak menunjukkan tanda-tanda, seperti:

  • tidak mencoba mengambil barang ketika Anda mengambilnya di hadapannya,
  • tidak mengeluarkan suara atau mencoba berbicara
  • sulit diajak berkomunikasi, misalnya dengan menggerakan anggota tubuhnya
  • saat merangkak ia terlihat tidak seimbang

Maka, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter. Namun, sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan bayi dengan dokter untuk selalu memantau tumbuh kembang mereka. Selain itu, biasanya pada anak yang terlahir prematur perkembangannya akan lambat dibandingkan dengan yang terlahir cukup bulan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now