Tahap Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan

Bayi 6 bulan sudah mulai belajar bagaimana berkomunikasi dan mengonsumsi makanan padat. Bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat sekarang, mereka bisa mengkoordinasikan tubuh dengan lebih baik. Anda dan bayi Anda mulai memahami satu sama lain. Mereka akan memberi tahu Anda apakah mereka senang atau sedih dan mulai menanggapi kata-kata.

klik banner konsultasi wa

Pada saat mereka mencapai usia 6 bulan, bayi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang siapa mereka dan bagaimana mereka cocok dengan dunia mereka. Mereka akan memiliki pemahaman yang baik tentang perbedaan antara orangtua, saudara kandung, dan orang lain. Bahkan mungkin mulai cemas terhadap orang yang tidak mereka kenal.

Memasuki usia enam bulan  disarankan untuk memperkenalkan makanan padat . Hal ini penting untuk memberi mereka nutrisi yang mereka butuhkan, termasuk zat besi, tetapi juga untuk memperkuat rahang mereka untuk membantu mengunyah makanan dan berbicara.

Anda dapat mencoba menawarkan sedikit makanan halus, bubur atau tumbuk sekali sehari, dan tetap menyusui atau memberi susu formula . Saat memberi bayi Anda makanan padat, juga bisa ditambahkan   sedikit air. Jika Anda memiliki alergi, bicarakan dengan dokter  sebelum Anda memperkenalkan makanan yang memungkinkan risiko alergi seperti telur atau susu sapi.

baca juga: Tahap tumbuh kembang bayi 5 bulan

Bayi 6 Bulan Sudah Mulai

Menginjak usia bayi 6 bulan, kendali tangan bayi Anda sudah cukup berkembang sehingga mereka dapat mengambil sebuah benda dan memindahkannya ke arah mereka. Mereka bahkan mungkin bisa mengoper suatu benda dari tangan ke tangan dan belajar bagaimana melepaskan sesuatu (dan memahami bahwa benda itu jatuh).

Kebanyakan bayi dapat berguling dalam waktu 6 bulan, yang berarti Anda harus sangat berhati-hati untuk tetap memegangnya di meja ganti popok atau tempat tidur. Mereka mulai mendorong diri mereka sendiri ke posisi merangkak dan mungkin bisa bergoyang maju mundur dengan tangan dan lutut mereka. Mereka dapat mendorong ke atas dan ke bawah dengan kaki dalam posisi berdiri dan mungkin dapat duduk dengan penyangga. Mereka akan sering dapat mengubah diri mereka sendiri ke arah yang mereka inginkan sekarang.

Bayi berusia 6 bulan senang berinteraksi dengan dan akan mulai memberi tahu Anda apa yang mereka inginkan. Mereka belajar bagaimana menarik perhatian  dengan cara lain selain menangis . Mereka juga akan mulai memahami emosi Anda dari nada suara Anda, misalnya jika Anda berbicara kepadanya dengan kasar. Beberapa bayi pada usia ini dapat memahami beberapa kata, seperti ‘mandi’, dan dapat mengenali namanya sendiri.

Kemampuan komunikasi akan berkembang cepat. Anda akan mendengar banyak celoteh, nyanyian, jeritan dan hembusan gelembung, kadang-kadang disebut sebagai ‘permainan vokal’. Mereka menyukai permainan bahasa dan memahami cara bergiliran saat Anda ‘berbicara’ satu sama lain. Sekitar setengah dari bayi usia 6 bulan dapat mengulang bunyi berulang-ulang (‘babababa’).

Tanda-tanda masalah perkembangan anak

Semua bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Pada usia 6 bulan, konsultasikan dengan dokter. Atau jika memiliki kekhawatiran, seperti:

  • bayi Anda tampaknya tidak tertarik pada hal-hal di sekitarnya
  • tampaknya tidak mengenal orang tua mereka atau menanggapi orang yang mereka kenal dengan baik
  • tidak menunjukkan minat pada lingkungan mereka
  • tidak bisa meraih benda
  • tidak mengoceh atau mengeluarkan suara apa pun
  • tidak melakukan kontak mata
  • tidak bisa dihibur oleh orang tua atau pengasuh dekat

Khitan Pada Bayi Perempuan

Pada usia ini bayi perempuan Anda bisa melakukan khitan. 

Pada tahun 2008, MUI mengeluarkan fatwa yang memperbolehkan tindakan khitan perempuan karena dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah. Dalam Fatwa MUI Nomor 9A Tahun 2008 tertanggal 7 Mei 2008 yang berbunyi:

  1. Khitan bagi laki-laki maupun perempuan termasuk fitrah (aturan) dan syiar Islam.
  2. Khitan terhadap perempuan adalah makrumah (ibadah yang dianjurkan).

Dalam fatwanya, MUI juga menegaskan mengenai batasan dan tata cara khitan perempuan sesuai dengan ketentuan syari’at Islam, didasarkan pada petunjuk yang diberikan Nabi Muhammad SAW, menekankan 3 prinsip, yaitu:

  1. Sedikit saja
  2. Tidak berlebihan, dan
  3. Tidak menimbulkan bahaya

Baca juga: Tahap Tumbuh Kembang Bayi 7 Bulan

klik banner konsultasi wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now