Tahap Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan

Bulan kelima adalah masa transisi bagi bayi Anda. Anda bisa mengharapkan bayi 5 bulan Anda untuk pertama kali mencoba berbicara secara nyata. Mereka juga bersiap untuk mulai merangkak, yang berarti Anda harus siap untuk mobilitas baru si kecil.

Bayi 5 Bulan Sudah Mulai:

Bayi lima bulan umumnya sudah bisa duduk tegak dalam waktu yang lebih lama. Bayi Anda mungkin masih perlu disangga dengan bantal, tetapi mereka mungkin juga dapat duduk tanpa penyangga selama beberapa detik setiap kali.

Beberapa anak usia 5 bulan dapat mulai berguling dari punggung ke perut (tengkurap). Setelah bayi Anda berguling, Anda mungkin memperhatikan mereka menggerakkan kakinya dan bergoyang. Mereka bersiap-siap untuk merangkak dan bergeser yang hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Namun perlu diingat, saat bayi bisa berguling, pastikan Anda tidak pernah meninggalkannya di tempat tidur atau permukaan tinggi lainnya di mana ia bisa berguling tanpa sengaja dan terluka.

Hal lainnya  adalah genggaman bayi Anda semakin kuat. Mereka dapat menarik objek lebih dekat dan mengambilnya di telapak tangan mereka lalu memindahkannya dengan terampil dari satu tangan ke tangan lainnya. Mereka bahkan mungkin bisa memegang botol.

baca juga: Tahap tumbuh kembang bayi 4 bulan

Membantu Bayi 5 Bulan Berkembang

Bicaralah dan dengarkan bayi Anda. Gunakan nada dan ekspresi wajah yang berbeda dan tanggapi suara yang mereka buat. Ini membantu mereka mempelajari cara kerja percakapan dan cara mengekspresikan perasaan mereka.

Bermain dengan bayi Anda sesering mungkin, dengan membaca buku , bernyanyi, melatih perut , membuat suara-suara lucu dan memberinya mainan. Kadang-kadang mereka mungkin terlalu lelah atau lapar untuk bermain, tetapi sekarang Anda mungkin dapat menangkap isyarat bayi Anda, jadi pastikan Anda memberikan apa yang mereka butuhkan.

Tanda Masalah Perkembangan Anak

Perlu Anda ingat untuk perkembangan setiap anak berbeda-beda. Namun, jika mengalami beberapa hal berikut ini Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter.

  • seperti tidak tertarik pada hal-hal di sekitar mereka
  • sepertin tidak mengenal Anda
  • tidak mengeluarkan suara apa pun
  • tidak membuka jari atau kepalan tangan mereka
  • tidak mengikuti suatu objek dengan matanya atau melakukan kontak mata
  • kesulitan merespon atau berbalik saat Anda berbicara dengan mereka, atau mereka tidak dikejutkan oleh suara keras
  • gelisah hampir sepanjang waktu

baca juga: hukum sunat bayi perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now