Tahap Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan

Bayi 4 bulan Anda akan segera belajar mengkoordinasikan tubuhnya. Mereka akan memiliki kendali lebih besar atas apa yang mereka lakukan, penglihatan, sentuhan, dan pendengaran akan jauh lebih berkembang, dan mereka akan mulai lebih banyak bergerak. Mereka juga dapat berkomunikasi dengan lebih baik. 

Bayi Anda akan terus bertambah berat badannya – mungkin sekitar 0,45 kg hingga 0,56 kg sebulan. Tulang mereka akan tumbuh dengan cepat dan mereka akan bertambah tinggi.

klik banner konsultasi wa

Seiring dengan pertumbuhan fisiknya, bayi  4 bulan belajar lebih banyak.  Mulai menunjukkan minat pada makanan padat dan banyak dari keterampilan baru mereka yang mempersiapkan mereka untuk mengunyah.

baca juga: Tahap tumbuh kembang bayi 1 bulan

Bayi 4 Bulan Sudah Mulai:

Penglihatan bayi Anda akan benar-benar meningkat dan mereka akan mulai menghubungkan apa yang mereka lihat dengan apa yang mereka dengar dan rasakan. Mereka akan mengambil benda dengan jari mereka dan akan mencoba memasukkan tangan mereka ke dalam mulut. Namun, Anda perlu  berhati-hati agar mereka tidak memasukkan benda kecil ke dalam mulut mereka.

Mulai usia 4 bulan, kemampuan fisik buah hati Anda akan benar-benar mulai berkembang. Mereka akan segera berguling, duduk dan beberapa bahkan mungkin mulai merangkak dalam beberapa bulan ke depan.

Anda bisa saling menatap mata, saling tersenyum, tertawa dan ‘berbicara’. Pada usia 4 bulan, banyak bayi dapat terkekeh dan menunjukkan kegembiraan. Mereka akan menunjukkan lebih banyak emosi dan akan mencoba meniru suara seperti  ‘ah-goo’, dan jeritan. Mereka bahkan mungkin mengatakan ‘ma-ma’ atau ‘da-da’.

Bayi pada usia ini suka melihat diri mereka sendiri di cermin dan mungkin tersenyum dan berbicara dengan bayangan mereka. Mereka juga dapat menunjukkan emosi seperti kemarahan dan frustrasi, dan mungkin merengek daripada menangis sepanjang waktu. Anda akan mempelajari isyarat bayi Anda untuk lapar atau lelah sehingga Anda dapat menanggapinya.

baca juga: Tahap tumbuh kembang bayi 2 bulan

Tanda Masalah Tumbuh Kembang

Setiap bayi memilki kecepatan berkembang yang berbeda.  Namun, jika mengalami hal berikut ini:

  • Sepertinya tidak tertarik pada hal-hal di sekitar mereka
  • Sepertinya tidak mengenal Anda
  • Tidak mengeluarkan suara apa pun
  • Tidak membuka jari-jari  mereka
  • Mereka tidak menendang kaki atau kaki mereka sering kali tertekuk
  • Tidak mengikuti suatu objek dengan matanya atau melakukan kontak mata
  • Mereka tidak berbalik saat Anda berbicara dengan mereka, atau mereka tidak dikejutkan oleh suara keras
  • Tidak bahagia atau gelisah hampir sepanjang waktu

Segera melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter anak Anda. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter anak.

baca juga: Tahap tumbuh kembang bayi 3 bulan

 

klik banner konsultasi wa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now