Tahap Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan

Pada usia 3 bulan, bayi Anda akan membentuk keterikatan yang kuat dengan Anda. Mereka akan menanggapi Anda dengan banyak senyuman, dan bahkan mungkin membalas Anda dengan cara mereka sendiri. Tangisan terburuk harus segera berakhir, dan Anda benar-benar dapat menikmati bayi Anda saat mereka tumbuh menjadi orang kecil mereka sendiri.

Bayi 3 Bulan Sudah Mulai:

Saat ini bayi Anda akan mulai mengalami emosi dan komunikasi. Mereka akan menanggapi ekspresi yang berbeda, mengenal suara Anda dan akan berpaling untuk mencari Anda ketika mereka mendengar suara Anda. Mereka mungkin mulai tertawa terbahak-bahak dan melihat sekeliling dengan heran.

klik banner konsultasi wa

Mereka akan tersenyum pada orang asing, tetapi mereka pasti tahu siapa orangtua mereka. Otak mereka berkembang pesat dan mereka akan mulai mengenali orang melalui penglihatan dan penciuman serta suara mereka.

Mereka akan  mencoba menanggapi  saat Anda berbicara. Indra peraba mereka juga menjadi lebih sensitif dan mereka dapat memperhatikan lebih lama.

Mulai saat ini, bayi Anda akan mulai meraih benda-benda saat otot berkembang di lengan. Mereka akan mencoba untuk mengamati objek dengan lama, memasukkan sesuatu ke dalam mulut mereka dan mengguncang atau mengguncangnya.

baca juga: tahap tumbuh kembang bayi 1 bulan

Secara fisik, bayi Anda akan memiliki kontrol yang lebih baik atas gerakan kepalanya dan akan mulai mengangkat kepalanya saat duduk. Saat Anda memberi mereka waktu tengkurap, Anda mungkin memperhatikan mereka berguling dari depan ke belakang, mengangkat kepala atau mendorong dada dengan tangan.

Mereka akan melambaikan tangan dan menendang kaki mereka dengan kuat. Jika Anda menahannya tegak dengan kaki di lantai atau pangkuan Anda, mereka mungkin akan menekan kakinya.

Seringkali, jika mereka berada di dekat benda yang menjuntai, mereka akan memukulnya dengan tangan tertutup. Namun, mereka juga bisa membuka jari untuk menggenggam suatu objek dan mereka akan lebih terkoordinasi, sehingga bisa menyatukan kedua tangan.

baca juga: tahap tumbuh kembang bayi 2 bulan

Tanda Masalah Tumbuh Kembang

Bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Namun, jika mengalami hal berikut ini:

  • mereka tidak tersenyum selama 8 minggu
  • mereka tidak akan tenang, bahkan untuk sementara waktu, ketika Anda mengangkat mereka untuk menghibur mereka
  • satu sisi tubuh mereka tampaknya lebih kuat dari yang lain
  • mereka masih menggenggam jari mereka dengan erat
  • suara tiba-tiba tidak mengejutkan mereka
  • mereka tidak makan dengan benar
  • lemas atau kaku

Segera melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter anak Anda.

klik banner konsultasi wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now