Tahap Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan

Pada tahap tumbuh kembang bayi 2 bulan, anak tumbuh dengan cepat dan menjadi lebih waspada. Mereka akan mengeluarkan lebih banyak suara dan menjadi lebih terampil dalam menggerakkan tubuh mereka. Mereka masih akan banyak menangis – tetapi Anda mungkin sudah melihat senyum pertama yang ajaib (biasanya pada 6 minggu) yang entah bagaimana membuat semua kerja keras itu berharga. 

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Berdasarkan Usia

Usia Bayi 2 Bulan

Pada usia 2 bulan, bayi Anda akan bertambah berat badannya dan mungkin terlihat bulat dan gemuk. Saat otot mereka berkembang, lengan dan kaki mereka mulai bergerak lebih bebas, meregang untuk membuat mereka tampak lebih tinggi dan lebih ramping.

Selama 2 bulan pertama, bayi Anda tumbuh dengan sangat cepat . Mereka akan terus tumbuh dengan kecepatan ini , mungkin bertambah sekitar 900g dan tumbuh 2,5 cm hingga 3,8 cm setiap bulan.

Bayi sering mengalami percepatan pertumbuhan sekitar 6 minggu. Ini mungkin membuat mereka lebih rewel karena ingin makan lebih banyak dari biasanya. Mungkin Anda merasa seperti Anda menyusu sepanjang waktu, terutama pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Terkadang Anda dapat mengetahui bayi Anda lapar jika mereka menjulurkan lidah atau mengisap. Jika mereka tertidur atau memalingkan muka, mereka mungkin sudah kenyang.

Pada 6 hingga 8 minggu, bayi Anda akan mendapatkan vaksinasi terjadwal.

klik banner konsultasi wa

Bayi 2 bulan sudah mulai:

Pada usia 2 bulan, bayi Anda akan menemukan jari dan tangannya. Mereka akan memegang tangan mereka terbuka dan mengambil sebuah benda (meskipun mereka belum tahu bagaimana melepaskannya!) Mereka mungkin juga menggenggam kedua tangan bersama.

Bayi usia 2 bulan akan mulai belajar bagaimana mengkoordinasikan gerakannya. Alih-alih gerakan lengan dan kaki yang tersentak-sentak yang dilakukan saat mereka lahir, mereka dapat bergerak lebih lancar dan lebih seperti gerakan melingkar. Mereka akan menendang kedua kakinya dengan kuat dan sangat menggeliat. Mereka bahkan mungkin berguling, jadi jangan pernah meninggalkan mereka sendirian di meja ganti.

Leher mereka akan semakin kuat sepanjang waktu. Selama waktu tengkurap, mereka mungkin mengangkat kepala dan menggerakkannya dari sisi ke sisi. Beberapa bayi bahkan dapat mengangkat dadanya dari lantai sekarang.

Beberapa (walaupun sangat sedikit) bayi bisa tidur sepanjang malam saat mereka mencapai usia 2 bulan. Tetapi bahkan jika Anda bukan salah satu dari orangtua atau pengasuh yang beruntung, bayi Anda setidaknya akan tidur lebih lama pada satu waktu. Mereka mungkin akan memiliki 2 sampai 4 lama tidur dan akan lebih terjaga dan waspada di siang hari – meskipun pola tidur bayi masih sangat bervariasi pada usia ini.

Mata bayi Anda, yang mungkin telah juling saat masih kecil, hampir sering bergerak bersama sekarang. Mereka akan mengenali Anda dengan jelas, akan melihat Anda ketika Anda berbicara dengan mereka, dan dapat mengikuti Anda dengan mata mereka. Mereka akan senang melihat wajah Anda dan akan memberi Anda senyuman manis. Mereka akan suka melihat objek dengan pola dan warna yang lebih kompleks.

Mereka juga akan membuat lebih banyak bersuara, termasuk suara seperti ‘a’ atau ‘o’, dan mereka akan tampak mendengarkan Anda dan membalas Anda.

baca juga: tahap tumbuh kembang bayi 1 bulan

Tanda Masalah Tumbuh Kembang

Bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Pada usia 2 bulan, bicarakan dengan dokter atau perawat kesehatan anak ibu Anda jika:

  • mereka tidak tersenyum selama 8 minggu
  • mereka tidak akan tenang, bahkan untuk sementara waktu, ketika Anda mengangkat mereka untuk menghibur mereka
  • satu sisi tubuh mereka tampaknya lebih kuat dari yang lain
  • mereka masih menggenggam jari mereka dengan erat
  • suara tiba-tiba tidak mengejutkan mereka
  • mereka tidak makan dengan benar
  • lemas atau kaku

klik banner konsultasi wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now