Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 1 Bulan

Tumbuh kembang bayi 1 bulan sangat penting untuk diperhatikan setiap orangtua untuk memastikan sang anak sehat. Selain itu, juga untuk memantau dan menangani masalah atau gangguan yang mungkin terjadi saat proses tumbuh kembang bayi.

Umumnya, tahap perkembangan bayi dalam 12 bulan pertama, mulai baru lahir hingga menjadi balita terjadi sangat cepat. Namun, perlu dipahami oleh para orangtua bahwa proses tumbuh kembang setiap bayi memiliki masanya  masing-masing. Ada yang lebih cepat, juga yang lebih lambat.

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Berdasarkan Usia

Usia Bayi 1 Bulan

Semua bayi tumbuh dengan kecepatan berbeda. Tapi, rata-rata, dalam 1 bulan mereka bertambah antara 0,7 – 0,9 kg setiap bulan dan tumbuh 2,5 sampai 4 cm. Lingkar kepala mereka akan bertambah sekitar 1,25 cm setiap bulan.

Semua bayi mengalami penurunan berat badan 10% segera setelah mereka lahir. Bayi yang sehat biasanya kembali ke berat lahirnya dalam waktu sekitar 2 hingga 3 minggu dan kemudian akan terus bertambah.

Pada minggu ke 6 sampai 8, bayi Anda memerlukan pemeriksaan kesehatan lengkap oleh ahli kesehatan seperti perawat kesehatan anak dan keluarga, bidan, dokter umum atau dokter anak. 

klik banner konsultasi wa

Bayi 1 bulan sudah mulai:

Pada usia 1 bulan, sebagian besar yang dilakukan bayi masih disebabkan oleh reflek. Mereka tidak memikirkan tindakan mereka. Mereka akan menghisap, menelan, mencari susu, dan menggenggam sebuah benda jika Anda meletakkannya di telapak tangan mereka (meskipun seringkali mereka akan tetap mengepalkan tangan mereka dengan tangan kecil). 

Mereka akan mulai fokus dengan kedua mata pada 1 bulan dan harus bisa mengikuti objek yang bergerak dari sisi ke sisi. Mereka mungkin lebih suka melihat wajah manusia daripada melihat suatu objek dan akan menatap dalam ke mata Anda jika Anda memegangnya sekitar 45 cm. Kebanyakan bayi dapat mengenali orang tuanya pada usia ini.

Bayi usia 1 bulan menyukai suara Anda, tetapi mereka akan terkejut jika mendengar suara yang keras. Mereka mungkin jatuh ke belakang dan membuang lengan dan kaki mereka, mengedipkan mata dan bernapas lebih cepat.

Pada akhir bulan pertama, kebanyakan bayi dapat mengangkat kepalanya saat Anda tengkurap, dan mereka akan menoleh ke satu sisi.

Bayi Anda akan menangis dengan keras saat lapar atau tidak nyaman. Saat mereka senang dan puas, mereka biasanya membuat suara gemericik kecil. Tanggapi suara bayi Anda dengan menggelegak dan balas membujuk.

baca juga: Daftar persiapan melahirkan bayi 

Tanda-tanda masalah Tumbuh Kembang

Setiap bayi memiliki tahap tumbuh kembang dengan kecepatan berbeda. Anda dapat membicarakan dengan dokter atau perawat kesehatan anak ibu Anda jika:

  • Tidak makan dengan baik
  • Secara teratur tidur lebih dari 16 jam sehari
  • Tidak menggerakkan lengan atau kaki mereka
  • Tidak mengikuti wajah Anda dengan matanya atau merespons saat melihat Anda
  • Tidak membuat suara gemericik
  • Tidak terkejut atau tidak mendengar sesuatu
  • Anda khawatir bayi Anda menangis atau tidur

klik banner konsultasi wa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now