Perkembangan Bayi 11 Bulan, Sudah Bisa Apa Aja Ya?

Perkembangan bayi 11 bulan ditandai dengan aktif bergerak dan dapat berjalan dengan bantuan. Maka dari itu, ibu harus terus memperhatikannya ketika beraktivitas di rumah.

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 11 bulan atau 44 minggu, antara lain:

  • Berdiri sendiri tanpa berpegangan namun belum bisa dalam waktu lama
  • Tengkurap dengan posisi lengan menyangga berat tubuh dan kepala terangkat
  • Posisi dari tiduran menjadi duduk, berdiri  lalu duduk, dan dari duduk kemudian berdiri tanpa bantuan
  • Menggulingkan tubuh saat tiduran
  • Sudah bisa berkata “mama” dan “dada” secara jelas
  • Meniru bunyi sesuatu
  • Tertawa dan berteriak dengan kencang
  • Mengambil dan memegang mainan
  • Merespon saat di ajak komunikasi dengan tersenyum
  • Sudah bisa makan sendiri meski belum lancar
  • Melambaikan tangan

Perkembangan Bayi 11 Bulan

Kemampuan motorik

Pada perkembangan motorik bayi usia 11 bulan, sudah bisa tengkurap sambil menopang berat tubuhnya dengan kedua lengannya. Ia pun sudah bisa duduk sendiri dengan mudah, mengubah posisi dari tiduran ke duduk, duduk kemudian berdiri, dan berdiri lalu duduk kembali.

Si kecil sudah mampu berdiri sendiri tanpa berpegangan, tanpa bantuan meskipun dalam waktu sebentar. Tidak hanya itu, ada kemungkinan bayi telah memulai mencoba berdiri hanya dengan satu kaki dan mulai mencoba memanjat.

Peningkatan kemampuan motorik halus pada perkembangan bayi usia  11 bulan, termasuk meraih atau menggenggam benda. Selain itu, semakin juga berkembangnya indra penglihatan sehingga sudah bisa melihat benda di dekatnya maupun jauh

Kemampuan komunikasi

Pada perkembangan bayi usia 11 bulan ini, si kecil biasanya lebih mampu dalam menunjukkan hal-hal yang ia sukai atau tidak sukai, tidak lagi dengan menangis. Ia akan mulai mencoba mengucapkan beberapa kata, meskipun jauh dari kata jelas dan dimengerti.  Pada usia ini, anak sudah bisa fokus melihat pada objek nergerak.

Kemampuan sosial

Buah hati Anda pada perkembangan bayi usia 44 minggu atau 11 bulan, sudah bisa makan sendiri meski masih agak berantakan, tersenyum sendiri, dan tersenyum dengan orang lain.

Selain itu, ia juga semakin andal dalam melambaikan tangan pada orang lain.

Hanya saja, ia masih perlu waktu untuk belajar menyampaikan apa yang diingankannya dengan cara yang tepat. Namun, biasanya ia pun sudah mulai mengerti ketika Anda bilang sesuatu dengan kata-kata yang biasa digunakan.

Cara membantu perkembangan bayi 11 bulan

Perkembangan kognitif bayi di fase ini yang mungkin akan terlihat jelas yakni ia mulai mengerti instruksi sederhana. Meski begitu, sesekali si kecil akan tampak tidak acuh dengan ucapan “tidak” yang Anda lontarkan.

Jadi, usahakan hanya ucapkan kata larangan tersebut saat dibutuhkan selama masa perkembangan bayi di usia 44 minggu atau 11 bulan.

Jangan lupa, ajarkan juga mana perilaku yang benar dan salah, serta mana yang aman dan berbahaya pada bayi.

Jika si kecil melihat kucing di hadapannya dan dengan refleks menarik ekornya, segera jauhkan tangan si kecil dari kucing tersebut.

Untuk menghadapi hal semacam ini pada usia 11 bulan, Anda dapat menatap matanya, sembari katakan dengan lembut, “Jangan ditarik ya, kak, nanti kucingnya kaget.”

Kemudian ajarkan ia bagaimana caranya mengelus dan menyayangi binatang.

Kesehatan Bayi Usia 11 Bulan

Konsultasi Dengan Dokter

Jika pada perkembangan bayi usia 44 minggu atau 11 bulan memang tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan padanya.

Akan tetapi, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter apabila ada masalah pada pertumbuhan bayi usia 11 bulan yang tidak bisa di tunggu sampai kunjungan berikutnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan

Beberapa hal perlu Anda perhatikan saat menjaga kesehatan dan perkembangan usia 11 bulan:

  • Pastikan bayi cukup beristirahat. Jika bayi terlalu aktif, biasanya lebih rentan merasa lelah daripada bayi yang sering beristirahat
  • Jangan kekang bayi dengan terlalu banyak aturan. Apabila semua hal di larang, bayi akan merasa frustrasi dan bingung mengenai apa yang boleh mereka lakukan.
  • Cobalah tenangkan bayi sebelum histeris, misalnya memanfaatkan musik, mainan, atau pengalih lainnya. Meski demikian sebaiknya jangan menenangkan bayi dengan makanan, karena bisa menciptakan kebiasaan buruk nantinya.
  • Redakan ketegangan pada bayi, Anda sendiri, dan orang lain di sekitar bayi.

Bila Anda merasa ada yang tidak biasa pada masa perkembangan 11 bulan, diskusikanlah dengan dokter secepatnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now