Perkembangan Bayi 10 Bulan, Sudah Bisa Apa Ya?

Perkembangan bayi 10 bulan biasanya ditandai dengan berat badan dan panjang badannya yang bertambah. Tentunya akan berbeda dengan perkembangan bayi 9 bulan.  Namun, antara bayi laki-laki dan perempuan berusia 10 bulan memiliki pertambahan berat badan dan panjang badan yang berbeda. Kemudian, antara satu bayi dengan bayi lainnya juga memiliki pertambahan yang berbeda.

Menurut  WHO, berat badan bayi laki-laki berusia 10 bulan sekitar 9-11Kg dan bayi perempuan sekitar 8.5-10Kg. Panjang badan yang ideal pada bayi perempuan, yaitu  sekitar 70−76 cm dan bayi laki-laki sekitar 73-78 cm.

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kedua hal tersebut, seperti riwayat kelahiran, asupan nutrisi, keturunan, hingga mengalami penyakit tertentu.

Perkembangan Bayi 10 Bulan

Kemampuan motorik

Kemampuan motoriknya semakin baik, ia sudah dapat duduk sendiri dan berdiri dengan berpegangan pada benda sekitarnya. Jika ia  merangkak, maka bergeraknya lebih cepat dan mulai bersiap untuk berjalan. Selain itu, ia juga sudah bisa menyuap makannya sendiri.

Kemampuan bicara

Pada usia ini, mereka sudah mulai meniru gerakan dan ekspresi di tunjukkan orang lain. Selain itu juga mereka akan merespons ketika ada yang memanggil nama mereka. Mulai mengerti dan mengikuti perintah sederhana untuk tepuk tangan, melambaikan tangan atau salam kepada orang yang lebih tua.

Bayi 10 bulan ini juga sudah julai banyak mengoceh meskipun belum jelas apa yang mereka katakan.

Kemampuan sosial dan emosional

Sifat bayi baru  mulai terlihat pada usia ini.  Bayi Anda mungkin akan terlihat seperti mudah bergaul, selalu tersenyum kepada siapapun yang ia jumpai.

Anak Anda akan menyembunyikan wajahnya saat ada orang asing yang menghampirinya. Saat kondisi tersebut terjadi, kemungkinan bayi Anda akan menolak orang tersebut atau perlu menilai situasi sebelum menerima orang lain. Pada usia ini juga anak mudah mengalamui perubahan suasana harinya dengan cepat.

baca juga: perkembangan bayi 8 bulan, kira-kira sudah bisa apa saja

Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Perkembangan Bayi 10 Bulan

Meski tiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda, Anda tetap perlu mewaspadai berbagai hal yang terjadi pada bayi 10 bulan Anda, terutama seperti berikut ini:

  • Tidak terlihat senang ketika bertemu dengan orang yang ia kenal
  • Bayi tidak bisa melakukan kontak mata
  • Belum dapat berpindah tempat dengan sendirinya baik dengan merangkak atau cara lain.
  • Belum bisa duduk sendiri
  • Sulit ditenangkan saat ia menangis
  • Tidak menggumam, mengeluarkan suara ataupunmemberikan respons saat ada orang yang bicara kepadanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now