Perkembangan Anak 1 Tahun, Ini Yang Harus Orangtua Ketahui

Perkembangan anak 1 tahun mulai semakin terlihat jelas. Namun, orangtua juga perlu mengetahui bahwa setiap anak memiliki perkembangan pada tingkat yang berbeda. Tetapi, sebagai panduan bagi para orangtua, dalam artikel ini akan menjelaskan perkembangan dasar anak usia 1 tahun (12 bulan) dan hal apa saja yang perlu diperhatikan.

Pada usia 1 tahun, anak akan segera bisa berjalan secara bertahap karena tulangnya sudahh mampu menahan berat badannya. Anak pun menjadi lebih aktif untuk bergerak. Selain itu, anak juga sudah mau memakan cemilan sendiri, dan lebih banyak celotehannya. Namun, terkadang mereka akan sedikit memilih soal makanan.

Perkembangan Anak 1 Tahun

Selain aktivitasnya yang meningkat, perkembangan anak 12 bulan di tandai dengan kemampuan merespons ucapan orang sekitar. Pada usia ini, anak  akan lebih mudah di ajak berkomunikasi dua arah.

Orangtua akan lebih mudah mengarahkan perilaku anak, mereka juga akan lebih mudah dibujuk. Namun, sebagai orangtua juga jangan kaget jika anak memliki perilaku yang impulsif, misalnya suka memberantakkan mainan atau melempar, mendorong benda didekatnya. Mereka juga menemukan kesenangan saat mendengarkan suara.

baca juga: Perkembangan Bayi 11 Bulan, Sudah Bisa Apa Aja Ya?

Perkembangan Anak 1 Tahun Secara Emosional

Saat anak berusia 12 bulan , perkembangan emosionalnya juga semakin terlihat jelas, seperti:

  • Menangis saat ayah dan ibunya pergi
  • Muncul rasa malu saat bertemu orang baru
  • Memiliki kedekatan pada ibu dan ayahnya.
  • Melakukan suatu tindakan atau suara tertentu untuk menarik perhatian orang lain
  • Anak akan mudah merasa takut dalam menghadapi situasi tertentu

Melihat perkembangan anak 12 bulan mungkin akan membutuhkan kesabaran ekstra karena  tingkah mereka yang kini sering membuat rumah berantakan.

Apa yang Perlu Diperhatikan Orangtua?

Dalam membantu perkembangan tumbuh kembang anak 1 tahun, orangtua perlu memastikan ia berada di lingkungan yang aman untuk mempraktikkan keahlian barunya.

Misalnya, menjaga keseimbangan tubuhnya saat berdiri dalam waktu yang lama atau berlatih berjalan. Saat ia sedang melakukan hal tersebut, sebaiknya jangan meninggalkannya sendirian dan awasi pergerakannya.

Selain mengawasi, Anda juga bisa mendorong anak berjalan. Jika anak terjatuh, Anda bisa menyemangatinya, agar ia tak menyerah.

Jika pada anak 1 tahun ini tidak mengalami kondisi medis serius, dokter kemungkinan tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan bayi secara khusus.

Namun, jangan ragu untuk mengonsultasikan dengan dokter. Terutama jika ada masalah pada pertumbuhan serta perkembangannya. Selain itu juga konsultasikan tentang vaksin yang harus di berikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now