Pentingnya Mengajari Anak Perempuan Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Menjaga kebersihan area kewanitaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Namun, terkadang masih ada orangtua yang bingung menjelaskan atau mengajarkan anak perempuan cara menjaga kebersihan area kewanitaan. Padahal edukasi mengenai hal tersebut sebaiknya dilakukan sejak dini, sehingga ia sudah memiliki kebiasaan tersebut sampai usianya dewasa.

Membilas Setelah Buang Air Kecil

Hal yang pertama kali diajarkan adalah cara membersihkan area kewanitaan setelah buang air kecil. Nah, dalam hal ini yang dapat dilakukan adalah menemani anak saat buang air kecil. Anda dapat mengajari cara ‘cebok’ atau membilas yang benar adalah dari arah depan ke belakang. Kemudian, selanjutnya mengeringkannya dengan tisu atau handuk kering. Jangan lupa mencuci tangan setelahnya, sebelum keluar toilet.

klik gambar untuk konsultasi via wa

Mengganti Pembalut Saat Haid

Saat anak mulai memasuki masa pubertas dan mengalami menstruasi, Anda bisa mulai mengajarkan lebih lanjut. Misalkan, Anda dapat memberitahu anak perempuan tanda akan datang masa menstruasinya sehingga ia bisa bersiap, seperti 2-3 minggu sebelumnya, payudara anak akan terasa nyeri, mengalami kram perut, mengalami mood swing, muncul jerawat, dan keputihan. Namun, gejala ini bisa berbeda pada setiap orang.

Kemudian pada saat menstruasi datang, Anda dapat memberitahunya untuk rajin mengganti pembalut setidaknya 3-4 jam sekali. Saat menstruasi, darah dan cairan di vagina dapat menjadi tempat pertumbuhan mikroorganisme penyebab infeksi dan iritasi. Pembalut yang tidak kunjung diganti dapat menimbulkan bau dan infeksi yang diakibatkan oleh darah haid. Oleh karena itu, disarankan mengganti pembalut setidaknya setiap 3-4 jam sekali, bahkan jika volume darah tidak terlalu banyak.

Hubungan Khitan Anak Perempuan dengan Kebersihan Area Kewanitaan

Nah, selain mengajari kedua hal tersebut, Anda juga dapat menjelaskan mengenai khitan pada anak perempuan. Khitan perempuan ini diyakini memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.

Menurut seorang ahli, yakni Siti Al- Banat Khalid, dokter spesialis penyakit perempuan dan kandungan, yang dikutip dari buku “Khitan Dalam Perspektif Syari’at dan Kesehatan” manfaat khitan perempuan adalah sebagai berikut:

  1. Membantu mencegah bau tidak sedap yang keluar dari vagina.
  2. Membantu mengurangi timbulnya penyakit radang saluran kencing.
  3. Membantu menghindari risikoinfeksi organ kelamin.

Anda dapat memilih untuk melakukan khitan anak perempuan ataupun tidak.

baca juga: Manfaat khitan perempuan 

klik gambar untuk konsultasi via wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now