Mitos Tanda Anda Hamil Anak Perempuan

Bagi setiap pasangan calon orangtua pasti akan merasakan penasaran terkait jenis kelamin sang anak yang masih berada dalam kandungan. Di zaman modern dengan adanya tekonologi dalam bidang medis yang canggih, Anda dapat mengetahui jenis kelamin anak yang masih berada dalam kandung, entah hamil anak perempuan atau laki-laki .

Meskipun teknologi canggih dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin sang anak, masyarakat masih percaya pada mitos yang beredar. Misalnya, jika sang calon ibu rajin berdandan tandanya ia hamil anak perempuan dan masih banyak lagi mitos yang berkembang.

klik banner konsultasi wa

Mitos Hamil Anak Perempuan

Bentuk Perut Bulat

Sebagian masyarakat meyakini bentuk perut dapat mewakili jenis kelamin sang anak. Misalnya, jika perut menonjol ke depan dan terlihat lancip diyakini sebagai tanda hamil anak laki-laki.  Sementara jika bentuknya bulat dan posisi perut tinggi diyakini sebagai tanda hamil anak perempuan.

Padahal, bentuk perut atau posisi perut pada perempuan hamil bergantung  pada posisi bayi, berat bayi, pertumbuhan rahim, lokasi plasenta, dan cairan ketuban. Atau bisa jadi karena jumlah bayi yang pernah dikandung sebelumnya.

Morning Sickness

Mengalami morning sickness atau mual muntah yang terjadi saat hamil biasanya terjadi pada trisemester pertama kehamilan. Hal ini dipicu karena adanya perubahan hormonal. Namun, beberapa masyarakat meyakini, jika seorang perempuan hamil mengalami morning sickness yang parah menjadi tanda bahwa ia mengandung anak perempuan.

Terkait hal tersebut sebuah penelitian pada tahun 2017  mengungkapkan, kebanyakan perempuan hamil  yang  sering mengalami morning sickness akut atau hyperemesis gravidarum melahirkan anak perempuan. Hal ini dikarenakan level hormon kehamilan hCG yang memicu morning sickness cenderung lebih tinggi pada perempuan yang mengandung anak perempuan.

Namun, tidak berarti jika mengalami morning sickness akut mengandung anak perempuan ya bisa saja laki-laki. Semua tetap bergantung pada kondisi tubuh dan hormon perempuan hamil. Masih perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Jadi, ini masih termasuk dalam kategori mitos.

Detak Jantung Bayi

Terdapat mitos lain tentang kehamilan anak perempuan, yaitu jika detak jantung bayi lebih dari 140 kali/ menit maka anak yang dikangdungnya adalah anak perempuan. Namun masih belum ada penelitian yang membenarkan tentang hal ini.  Detak jantung bayi juga ditentukan berdasarkan usia kehamilan.

Garis Hitam Pada Perut

Garis hitam pada perut  (linea nigra) yang putus-putus atau berliku diyakini jika menandakan hamil anak perempuan. Namun, faktanya garis ini selalu ada hanya saja terkadang tidak terlihat dan biasanya saat usia kehamilan bertambah garis tersebut akan nampak dan menghitam.

Perubahan Mood

Terdapat sebuah studi pada tahun 2012 yang menemukan hubungan tingkat stres/ mood  perempuan hamil dapat menentukan jenis kelamin sang bayi. Jika, kadar hormon estrogen lebih tinggi  dapat  mengakibatkan perubagan mood yang cukup  parah, seperti merasa depresi atau mudah tersinggung setiap saat. Diyakini bahwa perempuan hamil dengan perubahan mood yang cukup parah berarti sedang hamil anak perempuan. Namun,  sama seperti mitos lainnya, studi ini masih belum cukup dapat membuktikan kaitan perubahan mood dengan jenis kelamin anak. Masih perlu ada penelitian lebih lanjut.

baca juga: Persiapan Melahirkan Anak Perempuan

klik banner konsultasi wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now