Layanan Khitan Perempuan Yang Aman di Indonesia

Khitan perempuan biasanya dilakukan karena alasan agama, khususnya agama Islam. Hal ini pun didukung oleh adanya beberapa hadist dan pendapat para ahli ulama mengenai khitan perempuan dalam Islam. Sebagai negara dengan masyarakat  mayoritas beragama Islam, tentunya praktik khitan perempuan pun juga banyak dilakukan. Dalam hal ini MUI juga mengeluarkan fatwa sebagai pendukung praktik ini. Meski begitu, layanan khitan perempuan di Indonesia yang sesuai syariat dan terpercaya pun belum cukup banyak ditemukan.

Adalah Rumah Sunat dr. Mahdian, sebagai klinik khusus khitan yang memiliki layanan Khitan Perempuan. Layanan ini telah dimulai sejak tahun 2017, dilakukan di ruangan yang nyaman untuk anak usia 0 – 5 tahun, dan dilakukan oleh tenaga medis perempuan berpengalaman dan dilakukan sesuai dengan syariat.

klik gambar untuk konsultasi via wa

Fatwa MUI Tentang Khitan Perempuan

Pada tahun 2008, MUI mengeluarkan fatwa yang memperbolehkan tindakan sunat perempuan karena sunat perempuan dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah. Dalam Fatwa MUI Nomor 9A Tahun 2008 tertanggal 7 Mei 2008 yang berbunyi:

  1. Khitan bagi laki-laki maupun perempuan termasuk fitrah (aturan) dan syiar Islam.
  2. Khitan terhadap perempuan adalah makrumah (ibadah yang dianjurkan).

Dalam fatwa MUI tersebut juga menjelaskan batasan dan tata cara sunat perempuan, yaitu:

  • Khitan perempuan cukup hanya menghilangkan selaput yang menutupi klitoris.
  • Khitan perempuan tidak boleh dilakukan secara berlebihan, seperti memotong atau melukai klitoris (insisi dan eksisi) yang mengakibatkan bahaya dan merugikan.

Batasan Syariat Dalam Khitan Perempuan     

  • Tidak boleh menganiaya apalagi sampai melewati batas, yakni menghilangkan dengan cara memotong habis kelintit farji perempuan.
  • Tidak boleh dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya. Orang yang melakukan haruslah tenaga medis yang memang ahli dalam bidangnya.
  • Tidak boleh menggunakan peralatan kecuali harus bersih, steril dan sesuai untuk melakukan khitan.
  • Praktik khitan perempuan perlu dilakukan di tempat yang tepat, seperti rumah sakit atau klinik.

Layanan Khitan Perempuan di Rumah Sunat dr. Mahdian

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa layanan khitan perempuan merupakan layanan khusus untuk anak perempuan dengan usia 0-5 tahun. Dilakukan di ruang tindakan yang nyaman, dilakukan oleh tenaga medis perempuan berpengalaman, dan prosedur dilakukan sesuai dengan batasan syariat dalam Islam.

klik gambar untuk konsultasi via wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now