Khitan Perempuan Harus Dilakukan Tenaga Medis di Klinik

Tidak seperti sunat pada laki-laki, praktik khitan perempuan ternyata mengundang pro dan kontra. Ada orangtua yang merasa tidak perlu, akan tetapi secara syariat khitan justru dianjurkan.

Khitan perempuan bukanlah Female Genital Mutilation (FGM). Lalu, apa yang dipotong? Tidak ada bagian dari alat kelamin perempuan yang dipotong, namun hanya menggores atau menoreh sedikit  kulit bagian depan yang menutupi klitoris.  Biasanya  dilakukan saat bayi.

baca juga: WHO Melarang Mutilasi Genital Perempuan

Meskipun tindakan medis sederhana, tindakan ini harus dilakukan oleh dokter dan di klinik khusus. Mengikuti Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tahun 2010,  bahwa khitan perempuan harus dilakukan tenaga medis bukan penyunat  yang tak punya legalitas.

Layaknya tindakan medis lainnya, prosedur ini  juga harus mengutamakan proses yang steril dan higienis. Dokter atau tenaga medis harus menjaga kebersihan dan higienis, sehingga aman untuk pasien. Umumnya mereka wajib menggunakan sarung tangan. Alat-alat pendukung yang juga harus steril.

Manfaat  Khitan Perempuan

Tindakan ini dilakukan dengan metode dan cara yang benar memiliki banyak manfaat. Layaknya tindakan sunat pada lelaki, praktik ini juga bermaksud mencegah penumpukan smegma atau kotoran berwarna putih di klitoris. Dengan begitu organ intim akan selalu bersih.

Dari sisi sosial, praktik ini menjadi bagian penting yang harus dijalani anak perempuan atau orangtua terkait proses membesarkan seorang gadis dan mempersiapkannya hingga dewasa atau masa pernikahan.

Namun di luar manfaat tersebut, tindakan sunat pada perempuan yang dilakukan tenaga medis di klinik yang terpercaya dapat mengurangi risiko komplikasi, seperti infeksi, pendarahan, nyeri, dan risiko komplikasi jangka panjang.

 

Rumah Sunat dr. Mahdian sebagai satu-satunya klinik khusus khitan perempuan yang aman dan terpercaya di Indonesia melayani hanya untuk anak berusia 0-6 tahun yang ditangani oleh tenaga medis perempuan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now