khitan perempuan di rumah

Khitan Perempuan di Rumah Lebih Nyaman

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memberikan pernyataan, bahwa khitan perempuan bersifat makrumah atau ibadah yang dianjurkan.

Dalam Islam, proses khitan perempuan cukup dilakukan dengan menghilangkan selaput yang menutupi klitoris. Dilarang dilakukan dengan berlebihan seperti melakukan insisi dan eksisi yang dapat mengakibatkan bahaya.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 1636 Tahun 2010 diperbolehkan melakukan khitan perempuan. Diharapkan dengan adanya peraturan ini, dapat memberikan perlindungan pada perempuan yang melaksanakan khitannya sesuai dengan ketentuan agama, standar pelayanan, dan standar profesi untuk menjamin keamanan dan keselamatan perempuan yang dikhitan.

Praktik khitan perempuan di Indonesia tidaklah sama dengan yang digambarkan oleh PBB. Dalam prosesnya di Indonesia, tidak dilakukan pemotongan klitoris secara keseluruhan, hanya dilakukan dengan menorehkan kulit yang menutupi bagian depan klitoris.

Ada Batasan Dalam Mengkhitan Perempuan

  • Tidak boleh menganiaya apalagi sampai melewati batas, yaitu penghilangan (pembinasaan) dengan cara memotong habis kelintit farji perempuan. Sehingga perempuan akan kehilangan dalam mendapati kenikmatan biologis yang disyariatkan.
  • Tidak boleh dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya. Seperti yang diyakini dan dipraktikkan oleh masyarakat pedalaman. Rasulullah bersabda,“Sesungguhnya Allah mewajibkan ihsan, menyerahkan kepada orang yang berkompeten dalam setiap sesuatu.”
  • Tidak boleh menggunakan peralatan kecuali harus yang bersih, steril dan sesuai untuk melakukan khitan. Praktik khitan harus dilakukan di tempat yang tepat, seperti klinik/medical center dan rumah sakit.

Imam al-Nawawi berkata:

“Yang benar menurut pendapat mazhab kami (Syafi’I) dan pendapat ini adalah pendapat mayoritas ulama yaitu, bahwa khitan boleh dilakukan ketika kecil, namun tidak wajib. Lakukan khitan ketika anak usia 7 hari atau 14 hari atau 21 hari setelah dilahirkan.”

Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili berpendapat bahwa yang lebih tepat adalah ketika usai dilahirkan (di hari pertama). Khitan perempuan tidak dapat dilakukan pada perempuan dewasa.

Khitan Perempuan di Rumah Lebih Nyaman

Runah Sunat dr. Mahdian sebagai pusat pelayanan khitan anak dan dewasa, memiliki layanan khitan perempuan terbaik dan terpercaya di Indonesia. Melayani anak usia 0-6 tahun. Khitan perempuan ditangani oleh tenaga medis perempuan profesional, dan menggunakan alat sirkumsisi satu kali pakai.

Saat ini, melakukan khitan tidak hanya dapat dilakukan di klinik Rumah Sunat dr. Mahdian saja, khitan perempuan juga dapat dilakukan di rumah pasien dengan menggunakan layanan Sunat di Rumah. Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat membantu kemudahan akses bagi pasien dan orangtua serta memberikan kenyamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now