Hal Ini Penting Untuk Diajarkan Ke Anak Perempuan

Setelah sebelumnya dibahas bagaimana cara mendidik anak perempuan menurut Islam, dalam pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana mengajarkan anak perempuan untuk melindungi tubuhnya.

Dalam hal ini, penting bagi orangtua untuk mengajari anaknya mengenai anggota tubuh dan sentuhan yang pantas pada tubuh mereka. Sebab sebagai orangtua tidak memungkinkan untuk tetap berada dengan sang anak 24 jam setiap harinya. Hal ini sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti disentuh oleh orang lain terlepas siapa orang itu dan hubungannya dengan sang anak. Hal ini sebenarnya berlaku pada anak laki-laki maupun perempuan.

Kenali Bagian Tubuh dan Fungsinya

Anak sejak usia dini saat ia sudah bisa melakukan komunikasi, perlu diberitahukan bagian atau nama anggota tubuhhnya mulai dari kepala hingga ke kaki. Begitupun dengan fungsinya. Anda bisa memulai dengan memberikan buku yang menggambarkan tubuh manusia lalu memberikan penjelasannya pada sang anak.

Saat membericarakan mengenai area genital, orangtua tak perlu ragu untuk memberikan penjelasan pada anak dengan bahasa yang tentunya akan dimengerti oleh mereka. Anda bisa mengatakan bahwa area tersebut tidak boleh diperlihatkan kepada siapapun dan tidak dapat disentuh siapapun.

Area Genital atau Area Pribadi

Area genital atau area kemaluan adalah area pribadi yang tidak boleh diperilhatkan dan disentuh ke orang lain tanpa seizin ibunya dan dirinya. Ajari juga cara melindungi area ini, jika ada orang lain yang menyentuhnya, seperti berteriak, melakukan perlawanan dengan mengigit, berlari, atau memukul orang yang berani menyentuh bagian vital tubuh mereka. Sampai ketika mereka menginjak usia remaja, orangtua dapat mengajarkan mereka tentang sistem reproduksi manusia. Dan bagaimana menjaganya dan dampak yang dapat terjadi.

Menstruasi dan Perubahan Bentuk Tubuh

Anak perempuan akan memasuki usia pubertas yang ditandai dengan perubahan bentuk tubuh dan mengalami menstruasi. Agar mereka tidak panik, melihat perubahan pada tubuh mereka atau saat mengalami menstruasi, ibu bisa mempersiapkan mentalnya.

Berikan bahasa yang sederhana, sehingga anak dapat memahami bahwa tubuhnya akan berubah dan itu merupakan hal yang wajar. Atau ibu juga bisa mengatakan kepada anak perempuannya bahwa hal tersebut merupakan bagian dari pertumbuhan dan menuju dewasa.

Tapi, edukasi yang diberikan sebaiknya dilakukan secara perlahan agar anak lebih mudah memahami, tidak bingung, dan merasa tertekan karena banyaknya informasi yang ia cerna.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga tubuh bagi kesehatan anak sangat penting. Faktanya, anak yang obesitas berisiko lebih tinggi mengalami berbagai jenis penyakit. Anda dapat mengajak anak untuk olahraga bersama, mengonsusmi makanan sehat dan gizi seimbang, mengelola stress dan mengatur waktu tidur yang cukup.

 

baca juga: hukum khitan perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now