Daftar Persiapan Melahirkan Bayi Perempuan

Bagi seorang peempuan yang akan menjalani proses persalinan untuk pertama kalinya, mungkin akan merasa bingung tentang apa saja persiapan melahirkan. Melakukan persiapan melahirkan yang matang dapat membantu Anda merasa lebih tenang ketika hari persalinan tiba. Lalu apa saja persiapan melahirkan yang harus dilakukan?

Persiapan Melahirkan Yang Harus Dilakukan

1. Cari tahu informasi proses persalinan

Mengetahui informasi tentang proses persalinan dapat membantu Anda untuk melakukan persiapan dan mengurangi kepanikan.

Terkadang, sudah muncul tanda persalinan namun ternyata belum waktunya akibat kontraksi palsu. Hal ini seringkali membuat perempuan hamil terkecoh. Biasanya kondisi ini muncul saat trimester ketiga, ketika mendekati waktu persalinan yang ditandai dengan mengalami kontraksi yang membuat perut terasa kencang namun dalam waktu singkat, sekitar 60 detik sampai 2 menit.

Selain mencari informasi mengenai tanda-tanda persalinan, Anda juga perlu mengetahui tentang proses persalinan yang akan Anda jalani baik persalinan normal ataupun dengna operasi caesar. Banyaklah bertanya dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan informasi yang tepat dan terpercaya.

klik banner konsultasi wa

2. Mengikuti kelas ibu hamil

Mengikuti kelas ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan persalinan. Hal yang diajarkan diantaranya:

  • mengengai kehamilan mulai dari perubahan bentuk tubuh dan keluhan yang biasa dialami
  • perawatan kehamilan
  • senam hamil
  • tanda dan proses persalinan
  • perawatan pasca-persalinan’
  • perawatan bayi baru lahir
3. Belanja kebutuhan bayi dan ibu

Perlengkapan bayi yang baru lahir biasanya terdiri dari pakaian bayi,  kaos kaki, selimut, sarung tangan,  perlengkapan mandi, perlengkapan makan dan minum, popok bayi, peralatan untuk mencuci perlengkapan makan dan minum, mencuci pakaian bayi, stroller, hingga boks tidur bayi. Pastikan saat hari persalinan tiba semua peralatan pribadi sudah tersedia.

Selain perlengkapan bayi juga penting untuk menyiapkan kebutuhan untuk sang ibu pasca-persalinan, seperti pakaian yang memudahkan sang ibu menyusui anak, perlengkapan mandi, pembalut nifas, breast pad, stagen, dan pompa asi.

4. Mempersiapkan mental untuk menangani baby blues

Baby blues adalah gangguan suasana hati yang dialami oleh perempuan yang baru melahirkan, tidak sedikit perempuan yang mengalaminya.

Kondisi ini bisa menyebabkan ibu mudah merasa lelah, emosi yang tidak stabil seperti mudah merasa sedih, cepat marah, menangis tanpa alasan yang jelas, mudah gelisah, dan sulit untuk berkonsentrasi.

5. Menjaga kesehatan dan stamina tubuh

Proses melahirkan  mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, oleh sebab itu perempuan yang dalam proses persalinan membutuh energi yang besar.  Anda perlumempersiapkan daya tahan tubuh  sebelum melahirkan dengan cara:

  • Menjaga asupan gizi
  • Istirahat yang cukup
  • Pikiran yang tenang, jangan stres
  • Melakukan olahraga khusus perempuan hamil
6. Memikirkan tentang khitan

Anda juga perlu memikirkan melakukan khitan atau sunat untuk sang anak. Biasanya, anak perempuan khususnya yang beragama Islam akan melakukan khitan saat masih bayi. Anak perempuan dapat melakukan khitan di usia 0-5 tahun.

Jika Anda memiliki niatan melakukan khitan perempuan, pilihlah tempat khitan anak perempuan yang terpercaya, sesuai dengan syariat dan aman.

klik banner konsultasi wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now