Ciri-Ciri Pubertas Anak Perempuan

Ciri pubertas anak perempuan penting untuk disadari oleh orangtua dan anak itu sendiri. Pada perempuan, pubertas ditandai dengan perubahan fisik seperti payudara berkembang dan menstruasi.

Pubertas merupakan tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara fisik, psikis dan fungsi seksual. Masa pubertas biasanya dimulai saat berusia 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 17 tahun.

Sebagian besar anak perempuan memulai masa puber ketika mereka berusia antara 8 sampai 14 tahun. Umumnya, anak perempuan lebih cepat memasuki usia pubertas dibandingkan dengan laki-laki.

klik banner konsultasi wa

Ciri Pubertas Anak Perempuan Tahap Awal

Ciri awal anak perempuan mengalami pubertas adalah pertumbuhan payudara. Pertumbuhan payudara ini bahkan bisa saja terjadi tidak secara bersamaan.

Selain itu, ciri lainnya adalah saat puber,  pertumbuhan rambut pada lengan dan kaki. Tidak hanya itu saja, rambut di area organ seksual dan di ketiak juga mulai tumbuh.

Jika anak sudah mengalami pertumbuhan payudara dan pertumbuhan rambut pada kemaluan dan ketiak, tandanya sebentar lagi akan mencapai puncak pertumbuhannya.

Ciri Pubertas Anak Perempuan Tahap Lanjutan

Ciri pubertas yang dialami oleh anak perempuan tidak hanya berhenti pada tanda awalnya saja, masih ada ciri lainnya, seperti:

  • Menstruasi pertama
  • Mulai tumbuh jerawat pada wajah
  • Payudara terus tumbuh hingga seperti orang dewasa
  • Rambut di area organ seksual dan ketiak menjadi semakin lebat
  • Munculnya kumis tipis pada beberapa anak perempuan
  • Lebih mudah berkeringat
  • Mulai mengalami keputihan
  • Tinggi badan meningkat drastis sejak menstruasi, biasanya 5-7.5 cm setiap tahun.
  • Berat badan mulai meningkat
  • Pinggul membesar sementara pinggang mengecil

Tubuh anak akan mulai membesar, khususnya pada lengan, paha, tangan, dan kaki karena cadangan lemak yang dimilikinya. Itu sebabnya, pada masa puber, berat badan remaja perempuan cenderung bertambah.

Bertambahnya berat badan adalah wajar, tidak perlu melakukan berusaha menurunkan berat badan dengan ekstrem. Hal itu  hanya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan.

Jika ingin mendapatkan berat badan ideal dan stabil, sebaiknya mengatur pola makan. Berikan berbagai makanan yang sehat dan bergizi seperti daging rendah lemak tanpa kulit, ikan, biji-bijian, sayur, dan buah-buahan.

Selain itu, tinggi anak perempuan Anda juga akan bertambah. Oleh karena itu, sebelum mengalami menstruasi, penting bagi Anda untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisinya. Hal ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak.

Khitan Pada Anak Perempuan

Dalam agama Islam, anak perempuan akan menjalani khitan perempuan. Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili berpendapat bahwa yang lebih tepat adalah ketika usai dilahirkan (di hari pertama).

Imam al-Nawawi berkata, “Yang benar menurut pendapat mazhab kami (Syafi’I) dan pendapat ini adalah pendapat mayoritas ulama yaitu, bahwa khitan boleh dilakukan ketika kecil, namun tidak wajib. Lakukan khitan ketika anak usia 7 hari atau 14 hari atau 21 hari setelah dilahirkan.”

Berdasarkan penjelasan di atas, khitan perempuan tidak dilakukan pada dewasa. Berbeda dengan khitan pada laki-laki yang dapat dilakukan pada dewasa, tidak ada batasan usia.

klik banner konsultasi wa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now