Cara Menggunakan Test Pack Untuk Cek Kehamilan

Masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan test pack atau alat tes kehamilan dan bagaiamana cara kerjanya. Meskipun terlihat sederhana dan mudah cara menggunakan test pack namun,  penggunaan yang kurang  tepat dapat membuat hasil tidak akurat, lho.

Mengutip dari Medline Plus, test pack berfungsi untuk menemukan hormon hCG dari urine apabila seseorang telah mengalami keterlambatan waktu menstruasi sekitar satu minggu atau lebih. Hormon hCG terbentuk dari plasenta, tugasnya menjaga dan memelihara sel telur setelah dibuahi yang menempel pada dinding rahim. Alat ini digunakan saat Anda curiga sedang hamil dan dapat Anda temukan di apotek dan supermarket. Tingkat keakuratannya bisa mencapai 99%.

Tips Memilih Tes Pack

1. Perhatikan Kemasan

Sebelum membeli alat tes kehamilan, perhatikan segala petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan, masih tertutup rapat dan masih tersegel.

2. Perhatikan Kedaluwarsa

Selain itu, perhatikan juga kedaluwarsa atau jangka waktu. Secara umum, jangka waktu test pack layak guna sekitar 2 sampai 3 tahun dari masa  produksinya. Jika Anda ingin membeli test pack, pastikan membeli test pack yang batas tanggal kedaluwarsanya 6 bulan atau lebih dari waktu membeli.Jangan menggunakan produk yang telah melewati masa kedaluwarsa karena dapat mengganggu akurasi hasil tes.

3. Penyimpanan

Perhatikan juga, instruksi penyimpanan karena beberapa alat perlu disimpan dalam kulkas, tempat dingin atau tempat kering pada aturan dokter.

2. Terdaftar

Perhatikan  alat tes kehamilan tersebut terdaftar di lembaga resmi pemerintah yang khusus mengawasi produk-produk untuk konsumen, seperti BPOM.

Cara Menggunakan Test Pack

1. Baca cara penggunaan 

Setelah Anda membeli alat tes kehamilan, baca cara penggunaan pada kemasan. Pada beberapa alat kemungkinan akan meminta Anda untuk menghindari beberapa makanan atau aktivitas tertentu sebelum melakukan tes.

2. Memilih waktu 

Biasanya untuk melakukan tes kehamilan banyak yang menyarankan waktunya pada pagi hari.  Hal ini karena pada pagi hari, urine mengandung hormon hCG yang cukup tinggi. Lakukan tes sekitar 3 minggu atau 21 hari setelah melakukan hubungan seksual atau satu hari setelah Anda mengalami keterlambatan menstruasi.

Apabila hasilnya negatif, jangan bersedih dahulu karena kemungkinan bisa saja hormon hCG belum terlalu tinggi sehingga tidak terdeteksi. Anda juga dapat mencoba kembali 3 sampai 5 hari setelahnya.

3. Mengumpulkan sampel urine

Sampel urine merupakan salah satu cara untuk menggunakan tes alat kehamilan. Anda bisa saja mengumpulkan sampel urine pada wadah bersih atau bisa juga ditetesi langsung. Sampel urine yang di kumpulkan adalah pancaran urine tengah yang artinya Anda harus membuang pancaran awal urine, lalu menampung pancaran urine tengah dan membuang pancaran terakhir.

Ada beberapa jenis test pack yang dapat Anda pilih:

  • Tes pack cassette yang bisa di tetesi langsung dengan bantuan pipet
  • Test pack strip  di celupkan ke dalam wadah berisi urine
  • Test pack digital, di depannya ada stik untuk mencelupkan ke wadah berisi urine.

4. Menunggu hasil 

Setelah selesai menggunakan alat, Anda perlu menunggu hasilnya. Pastikan bagian yang menunjukkan hasil tes posisinya menghadap ke atas. Untuk hasilnya biasanya memerlukan waktu hingga 5 sampai 10 menit. Anda mungkin akan melihat adanya perubahan warna saat urine mulai menyerap. Perubahan warna ini adalah penanda bahwa cara pakai alat berhasil dilakukan dan hasilnya valid.

5. Memeriksa hasil tes kehamilan

Ada beberapa tanda untuk mengetahui hamil, seperti:

  • Garis dua berwarna merah muda atau biru.
  • Tanda tambah atau tanda kurang berwarna merah.
  • Perubahan warna tertentu pada alat
  • Kata-kata hamil atau tidak hamil

Setelah mengetahui hasil, jika hamil sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui usia kehamilan dan bagaimana menjaga kesehatan saat sedang hamil.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

info@khitanperempuan.com

Book Online

Book Online

Appointment Now