Muncul Aroma Tidak Sedap Pada Area Kewanitaan

Banyak perempuan yang merasa kurang percaya diri, saat mereka mencium aroma tidak sedap/ bau pada area kewanitaan (vagina). Apakah hal ini merupakan kondisi yang normal?

Sulit untuk menentukan dengan tepat seperti apa bau vagina yang sehat, karena setiap perempuan memiliki aroma yang berbeda. Pada dasarnya tubuh mengeluarkan bau berdasarkan apa yang kita makan, apa yang kita kenakan, keadaan kesehatan kita, pengobatan, aktivitas bakteri pada kulit, dan sekresi kelenjar.

Normalnya, aroma yang dikeluarkan tidak terlalu menyengat dan tidak mengganggu atauberbau seperti cuka namun tidak terlalu asam.

Meski begitu, perubahan pada bau dapat terjadi sedikit menyengat selama masa haid/ menstruasi atau setelahnya, kehamilan dan menopause. Kondisi ini juga dapat terjadi setelah berhubungan intim ataupun olahraga. Perubahan tersebut wajar terjadi apabila tidak mengganggu.

Namun, apabila disertai dengan gejala lainnya, seperti timbul rasa gatal, rasa panas seperti terbakar, keputihan abnormal atau iritasi ada kemungkinan merupakan sebuah pertanda dari infeksi.

Apa Penyebab Aroma Tidak Sedap Pada Area Kewanitaan?

Aroma yang tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada vagina (vaginitis). Hal ini kerap terjadi saat kadar bakteri normal pada vagina tidak seimbang sehingga menyebabkan vaginitis.

Adapun masalah yang dapat menyebabkan vaginitis sehingga menimbulkan bau yang tidak normal, yakni:

Vaginosis Bakterialis (VB)

Vaginosis bakterialis (VB) atau bacterial vaginosis(BV) terjadi saat pertumbuhan bakteri pada vagina tidak normal atau berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan keputihan yang berbau busuk dan berwarna keabuan.

Infeksi jamur

Infeksi ini diakibatkan pertumbuhan jamur di alat genital yang tidak normal atau berlebihan. Selain bau, vagina juga akan terasa gatal dan mengalami keputihandengan warna putih kental.

Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan infeksi menular seksual akibat parasit yang menyebar melalui berhubungan seksual. Trikomoniasis dapat menyebabkan rasa gatal pada area kewanitaan, rasa panas seperti terbakar, kemerahan atau nyeri; ketidaknyamanan saat buang air kecil; dan keputihan yang berwarna putih, kekuningan, atau kehijauan.

Iritasi pada vagina

Semprotan vagina (douche), sabun dengan pewangi hingga produk spermisida bisa mengiritasi kulit luar dan jaringan dalam vagina. Akibatnya, bukan tidak mungkin vagina mengeluarkan bau yang sangat menyengat akibat peradangan tersebut. Berkeringat, penggunaan obat tertentu, pembalut atau tampon yang tidak sering diganti juga menjadi salah satu penyebab.

Adapun penyakit lain yang dapat menimbulkan aroma tidak sedap pada area kewanitaan, yaitu kanker vagina dan kanker serviks.

Kapan Harus Ke Dokter?

Periksakan ke dokter Anda, apabila mengalami bau yang menyengat pada area genital dengan disertai:

  • Demam
  • Keputihan dengan warna abnormal
  • Pendarahan tidak terkait dengan menstruasi Anda
  • Gatal
  • Rasa panas seperti terbakar
  • Pembengkakan pada vagina
  • Kemerahan pada alat genital

Bagaimana Cara Mencegah Aroma Tidak Sedap Pada Area Kewanitaan?

  • Menjaga kebersihan vagina
  • Menggunakan sabun berbahan ringan untuk membersihkan vagina
  • Mengganti celana dalam dua kali sehari
  • Menggunakan celana dalam berbahan mudah menyerap keringat
  • Segera mengganti pakaian termasuk celana dalam sehabis berolahraga
  • Menghindari makanan dengan aroma kuat seperti bawang putihatau daging
  • Makan makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt

 

Cegah aroma tidak sedap pada area kewanitaan Anda dengan menghindari beberapa hal yang dapat memicu kondisi tersebut. Jika aroma yang tidak sedap itu disertai dengan gejala yang telah disebutkan di atas, segeralah lakukan konsultasi dengan dokter. Ketahui sejak dini kondisi yang Anda alami untuk mencegah masalah kesehatan lainnya.

baca juga: manfaat khitan perempuan, bisa mencegah bau benarkah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now